Quick Indonesian Techno News

Google Peringati Hari Lahir Dorothy Hodgkin, Si Ahli Kimia

Google memperingati kelahiran seorang ilmuwan wanita asal Inggris bernama Dorothy Hodgkin. Dorothy lahir 114 tahun lalu, tepatnya tanggal 12 Mei 1910 di Kairo, Mesir dengan nama lengkap Dorothy Mary Hodgkin dari pasangan John Winter Crowfoot dan Grace Mary Crowfoot née Hood.

Peringatan yang dilakukan Google tentu tak sembarangan diberikan. Dorothy Hodgkin mendapatkan penghargaan perayaan ulang tahun dikarenakan telah memberikan sumbangsih besar pada dunia berkat hasil penelitian di bidang kristalografi.

Ia mencintai kimia sejak kecil. Gadis kecil dengan nama Dorothy Mary Crowfoot itu sangat beruntung karena mendapat dukungan penuh dari ibunya. Ibu Dorothy yang bernama Grace Mary Crowfoot diketahui sangat mendukung minat putrinya.

Dukungan penuh yang diberikan sang ibunda turut berjasa mendorong Dorothy lolos agar belajar ilmu kimia di Sommerville College, Oxford. Ia masuk ke dunia kampus untuk belajar kimia pada usianya yang menginjak 18 tahun.

Profesor John Desmond Bernal menjadi mentor Dorothy Hodgkin yang sedang mengembangkan diri. Berkat pendampingan sang Profesor, Dotrothy kian sadar potensi penting yang dimiliki kristalografi sinar X untuk menentukan struktur protein.

Kesadaran yang dimiliki oleh Dorothy membuatnya bekerja keras melakukan penelitian. Alhasil, berbagai penemuan pun sukses dihasilkan Dorothy.

Tahun 1945, Dorothy mengumumkan hasil studinya terkait cholesteryl iodide. Hal itu kemudian diikuit oleh penemuan pemecahan struktur penicilin di tahun 1949. Lima tahun berikutnya, Dorothy memaparkan analisisnya tentang Vitamin B12 bersama rekan satu timnya.

Sosok besar Hodgkin ternyata memiliki perjalanan hidup yang tak mudah. Ia divonise menderita sakit radang sendi yang terus semakin parah. Meski begitu, Dorothy tak pernah putus asa. Buah kerja kerasnya menghasilkan berbagai penghargaan besar. Ia mengantongi Nobel di bidang kimia tahun 1964 dan Penghargaan Perdamaian Lenin.

Tak cukup sampai disitu, Dorothy pun jadi sosok wanita kedua yang dianugerahi tanda kehormatan Order of Merit dari Kerajaan Inggris Raya. Gelar ini khusus diberikan kepada para pekerja di bidang kemiliteran, ilmu pengetahuan, seni, literatur, dan budaya.

Dorothy Hodgkin tutup usia 29 Juli 1994 dalam usia 84 tahun di Inggris. Jasa besar yang diberikan oleh Hodgkin pada ilmu kimia dunia membuat Google menampilkan simbol kimia Dorothy Hodgkin di seluruh dunia pada hari ini.

Sumber

Google Peringati Hari Lahir Dorothy Hodgkin, Si Ahli Kimia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: adeuny